23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kodim 1618/TTU Laksanakan Binter Bagi Prajurit TNI

BatasNegeri – Jajaran Kodim 1618/TTU kembali melaksanakan Bimbingan Teritorial (Binter) tahun anggaran 2020. Kegiatan teritorial tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan manajemen teritorial dari Prajurit TNI di wilayah setempat.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Makodim 1618/TTU, Senin (8/6) itu dihadiri sejumlah perwira seksi (Pasi) dan komandan rayon militer (Danramil). Antara lain Danramil 1618-01/Kefamenanu, Danramil 1618-04/Manufui, Pasi Intel Kodim 1618/TTU, dan Pasi Log Kodim 1618/TTU. Selanjutnya Danramil 1618-02/Eban, Danramil 1618-03/Wini, Danramil 1618-06/Ponu, dan Plh Danramil 1618-05/Lurasik. Hadir juga perwakilan Babinsa dari masing masing Koramil.

Terpantau Timor Express, Kegiatan Binter di Makodim 1618/TTU itu dilaksanakan dengan protokol Covid-19 yang diawali dengan mencuci tangan serta pemeriksaan suhu tubuh dan memakai masker.

Setelah mencuci tangan, baru dilakukan penyampaian materi dengan materi penjelasan tentang pengertian ketataksanaan Binter, dan mekanisme ketatalaksanaan Binter.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, kepada Timor Express, Senin (8/6) mengatakan, kegiatan Binter tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan secara kontinyu setiap bulan, triwulan dan tahunan.

Dikatakan, pelaksanaan Binter tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan manajemen teritorial prajurit TNI di Kodim 1618/TTU.
“Kita ingin Prajurit TNI di Kodim 1618/TTU harus kretif dan inovatif. Terutama selalu hadir bersama masyarakat dalam setiap persoalan seperti Pandemi Covid-19 yang kian mengancam seluruh masyarakat,” tutur Roni.

Roni menambahkan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada prajurit TNI terkait teknik pengumpulan data, analisa data, serta pembuatan produk.

Roni berharap, dengan kegiatan itu, kemampuan anggotanya dalam memanajemen kegiatan teritorial dapat meningkat, memberi manfaat bagi masyarakat banyak dalam mendukung program pembangunan di setiap daerah.

“Kita berharap kehadiran dari Prajurit TNI itu harus memberikan warna baru ditengah masyarakat terutama TNI memberikan dukungan moril dalam pembangunan di setiap daerah,” pungkasnya. (timexkupang)