27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Wapres KH Ma’ruf Amin Terima Gelar Doktor Kehormatan dari UMI Makassar

BatasNegeri – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menerima gelar doktor kehormatan (Honoris Causa/DHC) dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Pemberian gelar itu dilaksanakan secara virtual oleh Rektor UMI Prof, Dr. H. Basri Moding, SE, M.Si, Selasa (23/6/2020).

Dalam acara yang di satukan dengan momen Dies Natalis ke-56 UMI itu, Wapres menerima penganugrahan doktor Honoris Causa dalam bidang ilmu manajemen, keminatan manajemen Syariah.

Gelar ini adalah yang kedua, setelah sebelumnya pada 8 tahun lalu, gelar DHC juga diberikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat itu, Wapres Ma’ruf Amin masih mengemban amanah sebagai salah seorang Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Basri Moding menjelaskan penghargaan dunia akademik tertinggi ini, layak diberikan kepada Promovendus, KH Ma’ruf Amin, karena ia dinilai sebagai seorang ulama yang cemerlang dalam ilmu hukum ekonomi syariah. Kiai Ma’ruf juga dikenal sebagai motor penggerak ekonomi syariah Indonesia.

“Sangat banyak peran Promovendus yang luar biasa sebagai seorang ahli fikih muamalat,” ungkap Basri.

Wapres Ma’ruf Amin sendiri menyampaikan pidato ilmiah berjudul “Pembaruan Hukum Ekonomi Syariah dalam Pengembangan Produk Keuangan Kontemporer, Transformasi Fikih Muamalat dalam Pengembangan Ekonomi Syariah”. (beritasatu)