27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Masuk Papua, Ratusan Pasukan Pamtas RI-PNG Jalani Tes Cepat Corona

BatasNegeri – Ratusan prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Negara Indonesia – Papua Nugini menjalani rapid test atau tes cepat untuk mendeteksi dini virus corona. 

Tes cepat oleh tim kesehatan dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Waena dilakukan setibanya pasukan di Pelauhan Laut Jayapura, Papua, Minggu (12/7/2020).

Total 450 prajurit TNI yang menjalani tes cepat corona. Dari hasil tes cepat, ratusan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 413 BRM dinyatakan negatif. 

Selain tes cepat, tim kesehatan juga menerapkan protokol kesehatan terhadap prajurit yang baru tiba berupa pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, penyemprotan disinfektan hingga wajib masker.

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab dalam amanatmya yang dibacakan Komandan Korem 172/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan mengingatkan kepada Satgas Pamtas agar dapat memahami tugas pokok dan prosedur tetap (protap) yang berlaku. 

Selain itu, lanjutnya, Satgas juga dapat membantu kesulitan masyarakat di sekitar wilayah perbatasan maupun memberikan pemahaman tentang kehidupan masyarakat baru melalui penerapan protokol keskehatan.

“Disamping tugas pokok sebagai satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG juga harus membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman yang benar tentang adaptasi kehidupan masyarakat baru menuju masyarakat produktif dan aman melalui penerapan protokol kesehatan dan kehidupan sehat, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Papua,” kata Izak seperti dikutip dalam rilis Pendam Cenderawasih.

Dia menekankan kepada prajurit agar kehadiran Satgas harus memberi kebaikan bagi masyarakat, bangsa dan negara. Tak kalah penting, mempelajari karakter, budaya dan kearifan lokal sehingga kehadiran TNI dapat diterima dengan baik oleh masyarakat di mana pun bertugas.

“Para prajurit dapat menjalin hubungan yang baik dengan satuan lain, pemerintah daerah maupun tokoh adat, tokoh agama dan instrumen masyarakat lainnya,” pesannya.

Sekadar diketahui, Satgas Pamtas RI-PNG yang bertugas di wilayah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops)  Korem 172/PWY saat ini, yakni Yonif 713/ST, Yonif 509/BY dan Yonif 300/BJW. Ketiganya akan digantikan oleh Yonif 413/BRM, Yonif 100/PS dan Yonif/312/Kala Hitam. 

Dari tiga Satgas pengganti, baru Yonif 413/BRM yang tiba untuk menggantikan Yonif 713/ST. Sementata Satgas pengganti lainnya yakni Yonif 100/PS dan Yonif 312/Kala Hitam dijadwalkan tiba beberapa hari kedepan.[*]

potret.co