23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI AL Tangkap Kapal Ikan Asing Asal Vietnam di Natuna

BatasNeger – TNI Angkatan Laut berhasil menangkap dua kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam di perairan Natuna, Kepulauan Riau. Penangkapan itu bermula setelah mereka diketahui telah menerobos perairan Indonesia, tepatnya di perairan Pulau Laut sekitar 20 mil laut utara Pulau Sekatung.

Mengetahui hal itu, sejumlah personel TNI AL langsung diterjunkan dengan menggunakan KRI Yos Sudarso 35 untuk melakukan penangkapan.

“Dua kapal ikan VIetnam tersebut terdeteksi oleh radar KRI Yos Sudarso dan posisi kedua KIA tersebut sangat dekat dengan perairan Pulau Laut,” kata Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada I (Danguspurla Koarmada I) Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta melalui telepon, Minggu (19/7/2020).

Dengan kesiagaan TNI saat itu, dua kapal asing tersebut akhirnya berhasil ditangkap dan tanpa perlawanan.

Didong mengatakan, saat dilakukan penangkapan itu mereka diketahui sedang mencuri ikan menggunakan pair trawl atau pukat hela. Karena terbukti melakukan pencurian dan memasuki perairan Indonesia tanpa izin, dua kapal asing itu langsung diamankan.  

“Total anak buah kapal (ABK) ada 10 orang dan diamankan sedang asyik mencuri ikan di Laut Natuna dengan menggunakan pair trawl,” kata Didong.

Sementara itu, Komandan KRI Yos Sudarso 353 Letkol Laut (P) Maman Nurachman mengatakan, operasi di wilayah perbatasan itu memang digencarkan TNI AL untuk menjaga kedaulatan.

Pasalnya, belakangan banyak diketahui kapal ikan asing yang nekat menerobos masuk wilayah perbatasan untuk melakukan pencurian ikan.

Bahkan selama satu bulan terakhir, TNI AL, dikatakan sudah tiga kali melakukan penangkapan. Saat melakukan penangkapan itu, pihaknya juga mengaku tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain kapal mereka disemprot disinfektan, para nahkoda dan ABK kapal juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan diwajibkan menjalani isolasi selama 14 hari. (kompas)