23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Rayakan HUT RI, Warga di Perbatasan Indonesia-Filipina Bentangkan Bendera di Pantai

BatasNegeri – Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia dilaksanakan dengan penuh makna di perbatasan Indonesia-Filipina, tepatnya di pesisir pantai kampung Tinakareng, Kecamatan Nusa Tabukan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa (18/8/2020).

Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 545 meter dilakukan tepat menghadap ke laut oleh Forkopimda Sangihe bersama masyarakat Kepulauan Nusa Tabukan.

Kegiatan bertema “Indonesia Maju” ini turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME bersama seluruh Forkompinda Kepulauan Sangihe.

Korem 131/Santiago lewat jajarannya Kodim 1301/Sangihe yang dipimpin oleh Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Cristanto SIP pun turut ambil bagian dalam peristiwa sejarah pembentangan Bendera Merah Putih ini.

Persiapan pembentangan bendera

Dalam sambutannya, Jabes Gaghana mengatakan, pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 545 meter oleh masyarakat Sangihe bersama Forkopimda ini harus diberi apresiasi.

“Ini adalah sejarah, pertama kalinya pembentangan Bendera Merah Putih di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)-Filipina,” ujar Jabes.

Kegiatan ini pun sekaligus menjadi hadiah bagi Indonesia dari pulau terluar, sebagai wujud rasa bangga karena menjadi bangsa Indonesia.

“Terima kasih banyak bagi semua yang terlibat dalam pembentangan Bendera Merah Putih ini, telah menjadi saksi bagi peristiwa bersejarah di perbatasan Indonesia-Filipina,” kata Jabes.

Usai pembentangan bendera, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan BLT dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang diserahkan secara simbolis oleh Forkopimda Sangihe kepada masyarakat penerima bantuan. (beritamanado)