29 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Tiap Daerah di Indonesia Bakal Tampilkan Sanggar Seni di IKN Tiap Pekan

BatasNegeri – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal menjadwalkan setiap kabupaten dan kota di seluruh di Indonesia untuk menampilkan sanggar seni setiap pekan di Ibu Kota Negara (IKN), Sepaku, Kalimantan Timur.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Negara (IKN), Alimuddin menyatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan area pentas hingga fasilitas pendukung seperti pembangunan rest area atau tempat transit sebelum masuk ke IKN, tempat istirahat, toilet, mushala, dan lainnya.

“Kami ingin angkat IKN jadi destinasi wisata. Kami sudah koordinasi sama Kementerian Pariwisata, seperti apa kiat-kiatnya sedang kami rumuskan,” ungkap Alimuddin kepada Kompas.com, Minggu (18/6/2023).

Nantinya, kata dia, setiap kabupaten dan kota di Indonesia bakal ambil bagian dalam menampilkan sanggar seni dan budaya masing-masing daerah di IKN.

Hal itu selain mendorong peran aktif seluruh daerah dalam upaya pelestarian beragam seni budaya nusantara, juga menepis anggapan bahwa IKN bukan hanya milik Kaltim, tapi milik seluruh masyarakat Indonesia.

“Mudahan dalam waktu dekat seluruh fasilitas bisa rampung agar program ini bisa jalan,” harapnya.

Alimuddin melanjutkan pihaknya juga sedang menyiapkan pembangunan stand atau lapak-lapak jualan bagi UMKM untuk menawarkan produk lokal dan souvenir bagi pengunjung.

“Nanti para pelaku UMKM daerah sekitar IKN, seperti PPU, Kutai Kartanegara dan lainnya ambil peran di situ,” jelas dia.

Lebih jauh, kata Alimuddin, dalam kawasan IKN juga akan dibangun kampung warisan budaya (heritage village) untuk pelestarian budaya lokal.[*]

Kompas.com