24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP RI, Dr. Robert Simbolon, MPA (empat dari kiri) sedang menyampaikan materi di depan peserta rapat di aula BPPD Provinsi NTT, Jalan Bundaran PU Kelurahan TDM Kota Kupang, Selasa (23/4/2024)

Badan Perbatasan Merupakan Tempat Pertama Mengenal Indonesia


BatasNegeri – Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah ( BPPD ) Provinsi NTT, Ir. Maxi Nenabu, MT menegaskan, pihaknya berusaha untuk berbuat sesuatu yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan anggap badan ini sebagai tempat persinggahan terakhir tetapi jadikan badan ini sebagai tempat pertama orang mengenal Indonesia di perbatasan,” tandas Maxi di depan Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Badan Nasional Pengelola Perbatasan ( BNPP ) RI, Dr. Robert Simbolon, MPA bersama rombongan di aula BPPD NTT, Selasa (23/4/2024).

Menurut Maxi, alokasi anggaran untuk mendukung program pengelolaan perbatasan tahun 2024 sebesar Rp 1,4 miliar lebih. “Karena itu, sekecil apapun dana yang tersedia, kita harus berbuat sesuatu yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata mantan Kadis PU Provinsi NTT.

Mendengar paparan program dan kondisi yang ada di BPPD NTT, Robert Simbolon yang juga mantan Penjabat Gubernur NTT mengatakan, angka-angka yang dipaparkan itu jangan membuat pihak BPPD NTT lemah dalam bekerja.

“Angka-angka ini jangan membuat kita lemah dalam bekerja. Memang uang bukan segalanya tapi tanpa uang juga segalanya tak ada artinya,” ucap Robert, disambut gelak tawa peserta rapat.

Keutuhan wilayah sebuah negara, lanjut Robert yang juga Plh. Sekretaris BNPP RI, sesungguhnya ada di perbatasan.

“Itulah standar, awal, dan akhir bagian terpenting dari negara,” jelas Robert yang telah 14 tahun menjadi bagian dari sejarah mengurus 18 provinsi dan 54 kabupaten/kota yang berbatasan wilayah dengan negara lain.

Robert mengaku, sudsh 40 tahun dirinya bekerja sebagai PNS. “Ini perjalanan yang harus kita jalani. Jangan lagi ada kata-kata bahwa Badan Perbatasan itu tempat buangan. Teman-teman harus tetap semangat dalam bekerja. Sebenarnya dalam refleksi, Tuhan sedang butuh orang-orang terbaik untuk pekerjaan yang orang banyak tidak tertarik atau tidak perduli,” kata Robert Simbolon.

Dia menambahkan, “Saya selalu berpesan kepada rekan-rekan kerja khususnya Kepala PLBN untuk mencintai pekerjaan seperti mencintai kampung halaman kita sendiri. Tuhan beri kesempatan maka lakukan yang terbaik dalam jabatan yang dipercayakan itu.”

Ikut hadir dalam rombongan nampak Asdep Batas Laut dan Udara BNPP RI, Ny. Siti Metriania Akuan, Administrator PLBN Motaain, Engelbertus Klau, Administrator PLBN Wini, Don Gasper, Administrator PLBN Motamasin, Reynold Uran, Plt. Administrator PLBN Napan, Maria Fatima Rika serta sejunlah pejabat lainnya.[*]

Pos-Kupang.com