29 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kapal induk Shandong China

Kapal Induk Shandong China Ketahuan Berlayar di Selat Taiwan

BatasNegeri – Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (8/11) menyebut rombongan Angkatan Laut China membawa kapal tersebut berlayar dari selatan pada Rabu sore hari. Tetapi hingga pukul 8 pagi waktu setempat, kapal itu terus berjalan ke utara.

“Kapal induk Shandong China memasuki selat yang memisahkan Taiwan daratan Tiongkok pada Rabu sore berlayar dari selatan ke utara,” bunyi laporan tersebut, seperti dimuat AFP.

Dikatakan hingga kini militer Taiwan terus memantau pergerakan kapal China dengan cermat dan seksama dan telah menugaskan pasukan untuk merespon jika terjadi serangan.

Bulan lalu, formasi lain yang dipimpin oleh Shandong memasuki Samudra Pasifik melalui Selat Bashi, jalur air yang memisahkan Taiwan dan Filipina.

Kemudian di bulan September, salah satu dari dua kapal induk yang beroperasi di armada China, terdeteksi sekitar 60 mil laut di tenggara Taiwan menuju ke Pasifik Barat.

Dalam beberapa tahun terakhir, Taiwan mengalami tekanan militer dari China yang menganggap negara pulau itu miliknya dan akan melakukan apapun untuk mendapatkannya, bahkan jika harus ditempuh dengan jalur kekerasan.[*]

rmol.id