2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Tony Wenas, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia

Bos Freeport Kasih Bukti Orang Asli Papua Jadi Prioritas Perusahaan

BatasNegeri – Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Toni Wenas mengatakan, saat ini banyak putra-putri asli Papua yang telah berkarir dan menempati posisi strategis di PTFI.

Hal itu menegaksan komitmen perusahaan bahwa Orang Asli Papua (OAP) menjadi prioritas utama perusahaan tambang tersebut.

Dia mengatakan, sejak awal komitmen dari perusahaan tambang tersebut sangat besar bagi masyarakat Papua, karena PTFI merupakan bagian dari Papua. Komitmen itu pun terus diperkuat.

“Kami sudah ada di Papua selama 57 tahun, sehingga komitmen yang kuat dan besar kita harus bertumbuh dan berkembang bersama masyarakat Papua,” kata Toni di Timika, Minggu, 10 Desember 2023. Ton mengatakan, saat ini tenaga kerja asli Papua yang berkarir di PTFI sebanyak 40 persen dan satu anggota pada jajaran direksi merupakan putra terbaik asli Papua.

“Ada sembilan vice presiden anak asli Papua dan 150 manajerial anak asli Papua ini bagian dari komitmen prioritas OAP,” ujarnya.

Dia menjelaskan PTFI juga memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat asli Papua yang berada di sekitar lokasi pertambangan yakni program pendidikan, kesehatan dan ekonomi berbasis desa.

“Program CSR PTFI akan berlangsung terus sampai akhir kegiatan pertambangan nanti, karena kami merupakan bagian dari masyarakat Papua,” katanya lagi.

Dia menambahkan PTFI akan terus membuat terobosan berupa program kerja baru bagi kepentingan masyarakat asli Papua.

“Kami yakini bahwa tidak ada sebuah perusahaan yang berhasil di antara masyarakat yang gagal, untuk itu PTFI akan selalu ada untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat asli Papua,” ujarnya lagi.[*]

Antara