1 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Contoh Sikap untuk Memperkuat Wilayah NKRI

BatasNegeri – Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepantasnya untuk menjaga keutuhan negara melalui sikap-sikap yang baik. Contoh sikap untuk memperkuat wilayah NKRI ada banyak, salah satunya bela negara.

Sikap tersebut bisa dilakukan di mana saja. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, kantor hingga di lingkungan sekitar tempat tinggal. Sehingga semua orang bisa turut berpartisipasi dalam memperkuat wilayah NKRI.

Berikut adalah beberapa contoh Sikap untuk Memperkuat Wilayah NKRI:

Menjaga keutuhan NKRI bisa memperkuat wilayah suatu negara. Mengutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 karya Christiana Umi (2019:196), contoh sikap untuk memperkuat wilayah NKRI adalah sebagai berikut.

  1. Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekitar tempat tinggal.
  3. Menjaga kerukunan antar suku supaya tidak terjadi bentrokan di dalamnya.
  4. Menghalangi gerakan separatisme di wilayah yang berniat memisahkan diri.

Kekuatan NKRI akan meningkat apabila rakyatnya bersatu dan saling menjaga negaranya. Menjaga bukan berarti harus bertindak seperti aparat melainkan dengan cara masing-masing sesuai peran dalam masyarakat.

Misalnya sebagai anggota keluarga, maka sikap yang bisa dilakukan untuk memperkuat NKRI adalah dengan menanamkan pemahaman tentang cinta tanah air pada anak, saling menolong di dalam keluarga, menghormati semua anggota keluarga dan gotong royong.

Sedangkan bagi seorang siswa, memperkuat NKRI bisa dengan belajar yang tekun agar ilmunya kelak bisa diterapkan dalam kehidupan dan negara. Sebab, dari SDM yang cerdas dan berkualitas, negara juga akan ikut merasakan dampak positif.

Begitu pula sebagai warga negara yang hidup bermasyarakat, sikap yang bisa dilakukan misalnya dengan bergaul tanpa pandang bulu, saling toleransi antar umat beragama, tidak mempermasalahkan perbedaan yang ada di antara masyarakat.

Semua sikap dan tindakan itu adalah upaya yang bisa dilakukan oleh semua orang sesuai dengan perannya di masyarakat. Anggota masyarakat bisa memilih untuk melakukan tindakan yang mana yang sesuai dengan kemampuannya.

Contoh sikap untuk memperkuat wilayah NKRI tersebut bisa jadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin berkontribusi untuk wilayah negara Indonesia.[*]

kumparan.com