13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

AS Tekankan Komitmen Dukung Filipina

BatasNegeri – Amerika Serikat (AS) meneguhkan komitmen pada Filipina untuk terus memberi dukungan termasuk di bidang pertahanan, di tengah meningkatnya ketengan dengan Cina.

Dilansir dari BBC, Selasa (19/3/2023), komitmen itu diungkapkan oleh Menlu AS Antony Blinken kepada Menlu Filipina Enrique Manalo di Manila. Ia menekankan bahwa Filipina merupakan salah satu sekutu utama yang sangat penting karena posisi strategisnya di kawasan.

Filipina memiliki sebagian wilayah yang statusnya juga diklaim oleh Cina di Laut Cina Selatan. Ketegangan antara kedua negara itu pun meningkat melalui berbagai insiden di perairan tersebut selama beberapa bulan terakhir.

“Jalur laut ini sangat penting bagi Filipina, bagi keamanannya, bagi perekonomiannya. Hal-hal tersebut juga krusial bagi kepentingan di kawasan, bagi Amerika Serikat dan dunia,” kata Blinken.

“Itulah sebabnya kami mendukung Filipina dan memegang teguh komitmen pertahanan, termasuk melalui perjanjian pertahanan bersama,” tambahnya.

Hubungan kerja sama pertahanan Filipina dan AS didasari pada ‘Enhanced Defense Cooperation Agreement (EDCA)’. Melalui kesepakatan itu, pasukan AS memiliki akses ke sejumlah markas militer Filipina.[*]

indonesiadefense.com