13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Satgas dari BNPB sedang berinteraksi dengan warga Agandugume

Antisipasi Bencana, TNI Gandeng BNPB Bangun Gudang Logistik di Agandugume, Papua

BatasNegeri – Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengatakan kehadiran prajurit TNI di Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua bukan untuk operasi militer namun TNI bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membangun gudang logistik untuk mengatasi bencana kelaparan karena cuaca ekstrem.

“Proses pembangunan gudang logistik di Agandugume Puncak sedang berjalan. Jadi Kehadiran TNI di Agandugume bukan untuk operasi militer, tetapi sebagai bentuk misi kemanusiaan membangun gudang logistik bekerjasama dengan BNPB,” kata Kapendam dalam keterangan resminya, Rabu, (20/3/2024).

Menurut Kapendam gudang tersebut sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Terlebih di gudang itu akan disimpan bahan-bahan logistik bantuan pemerintah bagi masyarakat Agandugume.

“Saat tiba musim ekstrem yang sudah rutin terjadi, akan merusak tanaman masyarakat Agandugume dan wilayah sekitarnya, sehingga dengan adanya keberadaan gudang logistik masyarakat tidak akan kelaparan lagi karena bahan makanan sudah tersedia di gudang dan tinggal dibagikan kepada masyarakat,” kata Kapendam.

Lebih lanjut kata Kapendam BMKG sudah mengingatkan adanya potensi terjadinya cuaca ekstrem pada bulan awal hingga pertengahan tahun 2024. Untuk itu, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu keberadaan gudang logistik ini sangat dibutuhkan masyarakat Agandugme dan sekitarnya.

“Pembangunan gudang logistik ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat saat diadakannya bakar batu antara masyarakat dan Satgas Yonif 751/VJS,” tutup Kapendam.[*]

indonesiadefensi.com