2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pantai Nembrala, Rote, NTT

Inilah 4 Pulau Terluar di Indonesia yang Menawarkan Keindahan

BatasNegeri – Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dengan lima pulau besar yang menempatinya. Lantas, tahukah Anda pulau terluar yang ada di Indonesia?

1. Pulau Weh, Ujung Barat

Pulau Weh merupakan pulau yang terletak di ujung barat Indonesia, tepatnya di Kota Sabang. Pulau Weh adalah pulau yang paling dikenal untuk keindahan panorama bawah lautnya. Jarak pulau ini sekitar 40 menit dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.

Untuk menjangkau pulau ini bisa dengan kapal feri dari Pelabuhan Ulee Lheu, kemudian menuju Pelabuhan Balohan di Pulau Weh. Perjalanan yang akan Anda tempuh kurang lebihnya selama satu jam setengah.

Pulau Weh menawarkan wisata bawah laut dan juga keindahan pantai yang mengagumkan. Pulau ini menyediakan setidaknya 30 destinasi wisata bawah laut yang berisi indahnya terumbu karang dan fauna dalam kejernihan air laut. Tidak hanya itu, Pantai Gapang dan Pantai Iboih menjadi destinasi wisata indah yang harus dikunjungi.

2. Pulau Liki, Ujung Timur

Pulau ini terletak di bagian paling timur di Indonesia. Pulau ini berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.  Pulau Liki menyajikan keindahan alam yang luar biasa, seperti pasir pantai putih bersih dan air laut jernih yang bergradasi.

Selain itu, bagi para pengunjung dapat menyaksikan kawanan lumba-lumba yang kerap muncul pada pagi hingga siang hari. 

3. Pulau Miangas, Ujung Utara

Pulau Miangas adalah pulau yang terletak di perbatasan Indonesia dan Filipina. Pulau ini merupakan bagian utara terluar yang ada di Indonesia. Pulau ini sempat menjadi rebutan antara Indonesia dengan Filipina. Dengan letaknya yang berada di perbatasan, pulau ini rawan masalah perbatasan, seperti terorisme serta penyelundupan.

Pulau Miangas juga biasa disebut dengan Palmas. Banyak keindahan yang ditawarkan di pulau ini. Pantai Merra adalah salah satunya. Pantai Merra merupakan pantai dengan pasir putih halus dan air laut yang menyegarkan.

4. Pulau Rote, Ujung Selatan

Pulau ini terletak di Perairan Laut Sawi dan berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Wisata yang menjadi juara pualau rote adalah Pantai Nembrala yang digandrungi oleh para peselancar.

Pantai Nembrala digemari oleh peselancar karena memiliki gulungan ombak setinggi 7 meter yang menantang. Panorama matahari terbenam yang eksklusif, keasrian pantai pasir putih, dan deretan pohon kelapa dengan buah segarnya menjadi ikon dari pantai ini.[*]

Tempo.co