17 Mei 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Usaha Penyelundupan Ilegal di Perbatasan Kembali Terjadi, Satgas Yonif 742/SWY Berhasil Menggagalkan Penyelundupan 19 Dus Sosis dari Timor Leste

BatasnNegeri – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY di bawah pimpinan Letkol Inf Trijuang Danarjati, SAP, berhasil menggagalkan aksi penyelundupan di wilayah perbatasan RI-RDTL tepatnya di Dusun Motaain Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur, saat melakukan penyergapan di jalan tikus perbatasan RI-RDTL pada Rabu, 2 Mei 2025 dini hari.

Menurut Dankipam I, Lettu Inf Ginanjar Maulana Prasetya, STHan. “Kegiatan penyergapan rutin kami lakukan di jalur-jalur tikus yang berpotensi akan dilalui oleh para penyelundup baik orang maupun barang”.

“Penggagalan 19 Dus Sosis berdasarkan informasi dari Praka Rizal Satgas Bantuan dari Pomdam IX/Udayana yang menginformasikan tentang akan adanya aksi penyelundupan di jalur tikus perbatasan RI-RDTL tepatnya disekitaran Dusun Motaain sesuai TKP tadi malam”. Tutur Dankipam I

Lanjutnya – bahan makanan jenis sosis tersebut dibawa masuk ke wilayah Indonesia oleh orang-orang tak dikenal dari Timor Leste. Namun, usaha pengejaran terhadap pelaku tidak berhasil dan mereka berhasil meloloskan diri.

Setelah melakukan penyisiran di TKP, Tim penyergapan menemukan barang bukti berupa makanan Sosis jenis Perdix sebanyak 19 Dus. 

Petugas perbatasan memperkirakan bahwa 19 dus sosis tersebut akan dijual di sekitaran wilayah Atambua, sehingga barang bukti tersebut diamankan ke Pos Motaain untukBarang tersebut diperkirakan akan dijual belikan di sekitar wilayah Atambua, sehingga BB tersebut kami amankan di Pos Motaain.

Selanjutnya kami akan serahkan kepada pihak yang berwenang guna penegakan hukum selanjutnya. Kata Dankipam I.***