21 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Letda Ajeng, Penerbang Tempur Wanita Pertama TNI AU

Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti, S.Tr. (Han), kelahiran Jakarta, 25 September 1995. Dia merupakan putri dari seorang anggota TNI AU atas nama Kolonel Sus Prayitno, sementara ibunya adalah Wiwi Sundari.

Ia baru saja diwisuda (upacara Wing Day) Sekolah Penerbang Terpadu Angkatan ke-97 di Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau), Jakarta, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna , Senin (18/5/2020). 

Dalam upacara tersebut, KSAU melantik 45 wisudawan yang terdiri dari 42 perwira TNI AU, dua perwira TNI AD, dan satu perwira lulusan Sekolah Penerbang (Sekbang) Malaysia, yaitu Letda Ajeng.

Usai wisuda, Letda Ajeng akan memulai pengabdiannya di Skadron Udara 15 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi Magetan yang mengoperasikan pesawat tempur T50i Golden Eagle.

Letda Ajeng memang memiliki tekad yang bulat untuk menjadi fighter karena para instrukturnya memberikan motivasi yang besar setelah melihat kemampuan fisik, psikis dan bakat terbangnya yang mumpuni.

KASAU pun berharap dengan melihat perjalanan pendidikannya di Sekbang, Letda Pnb Ajeng bisa menunjukkan kemampuannya sebagai penerbang tempur.

“Saya mohon doa restu mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan bisa membanggakan kita semua,” ujar Yuyu.[*]