12 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Angkatan Muda Gereja Kawal Salat Idulfitri di Ternate

BatasNegeri – Pemandangan menarik tersaji jelang pelaksanaan salat Idulfitri 1445 H di Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu (10/4/2024). Umat kristiani dari Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AM-GPM) Imanuel Ternate turut mengawal pelaksanaan salat id.

Puluhan angkatan muda bersama Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kota Ternate itu terbagi di dua lokasi masjid. Yakni, di Masjid Agung Almunawwar dan Masjid Darul Arqam atau masjid Muhammadiyah di Kelurahan Makassar Barat.

Di masjid Al Munawwar mereka membagikan koran bekas sebagai alas sajadah jemaah yang salat di pelataran masjid. Sementara di Masjid Darul Arqam puluhan angkatan muda gereja ikut menjaga serta mengawal jalannya salat id.

Ketua AM-GPM Ternate, Keegan Lopulalan mengatakan, aksi ini menjadi yang keempat kalinya dilakukan sejak 2021. “Tahun ini, lokasinya kami bagi dua. Di Masjid Darul Arqam kami membantu menjaga ketertiban dan kelancaran salat id”, ujarnya.

“Sementara di Masjid Al Munawwar kami bagikan koran bekas sebagai pengalas sajadah jemaah salat id”, 

Ada sekitar 500 eksemplar koran bekas yang dibagikan pada momen itu. Menurut Ketua Ranting AM-GPM Imanuel, Titus Imkorle, aksi ini merupakan pesan toleransi dan menjaga kerukunan di kota rempah.

“Kami ingin membangun hubungan harmonis dengan saudara-saudara muslim kita untuk terus menjaga toleransi antarumat beragama di Ternate”, ucap Titus.

Terpisah, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengapresiasi aksi AM-GPM Imanuel itu. Menurutnya, sebagai kota yang plural, hal yang dilakukan angkatan muda gereja itu merupakan simbol kerukunan.

“Aksi warga Kristiani di Kota Ternate itu menunjukan bahwa kerukunan umat beragama di sini sangat luar biasa”, kata Wali Kota kepada RRI usai salat id di Masjid Agung Al Munawwar pagi tadi.

Kerukunan itu, menurutnya, terlihat dari partisipasi umat kristiani membagikan koran bekas kepada umat muslim yang akan salat id.[*]

rri.co.id